Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 05 September 2013


LAYANAN INTERNET


 
EMAIL/ELECTRONIC MAIL
E-mail merupakan internet untuk surat menyurat atau pesan elektronik yang dikirin dan diterima oleh antar individu atau computer.


Saat ini E-mail tidak berisi teks saja , tetapi sudah bias dilampiri dengan grafik , gambar/ foto ,dan juga suara bahkan animasi.

FTV ( File Transfer Protocol )
FTV adalah layanan internet yang berfungsi untuk melakukan transfer file antar computer kita dengan server di internet

WWW ( World Wide Web )
www merupakan sebuah system dalam internet yang memberikan fasilitas untuk mencari dan memberikan informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
Layanan ini merupakan layanan internet yang paling banyak dikenal oreng dan paling cepat perkembangan teknologinya.

Mailing list
Mailing list merupakan untuk memungkinkan adanya sebuah forum diskusi antar para pemilik email, yang mana didalam diskusi bisa saling mengirim email.

E-Bangking
E-Banking merupakan transaksi untuk transfer uang dengan mudah dan cepat secara real time melalui jaringan internet. Baik itu pemilik bank pemerintah ataupun bank swasta.


E-learning
stilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya.
Dalam teknologi e-Learning, semua proses belajar-mengajar yang biasa ditemui dalam sebuah ruang kelas, dilakukan secara live namun virtual, artinya dalam saat yang sama, seorang guru mengajar di depan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda.
Pemanfaatan e-Learning membuahkan beberapa keuntungan, diantaranya dari segi finansial dengan berkurangnya biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem secara keseluruhan jika dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan sekolah beserta seluruh perangkat pendukungnya, termasuk pengajar. Dari sisi peserta didik, biaya yang diperlukan untuk mengikuti sekolah konvensional, misalnya transportasi, pembelian buku, dan sebagainya dapat dikurangi, namun sebagai gantinya diperlukan biaya akses internet.

VoIP (Voice over Internet Protocol)
VoIP merupakan layanan untuk menelpon melalui internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlokal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon lokal.

Chatting
Chatting adalah fasilitas internet yang memungkinkan pemakai dapat melakukan pembicaraan langsung dengan pemakai lain dengan menggunakan keyboard. Syarat utama dalam melakukan chatting adalah lawan yang akan diajak untuk bicara harus dalam keadaan online pada chatting internet.

E-commerce
E-commerce merupakan layanan internet untuk kepentingan ekonomi seperti toko online. Sehingga mempermudah untuk proses belanja secara online.
 
 Newsgroup atau kelompok diskusi
 
Merupakan layanan untuk menyampaikan pendapat atau memberikan tanggapan atas topik tertentu. Pendapat atau tanggapan di newsgroup dapat dibaca oleh semua penggunanya. Pesan tidak dikirim ke alamat e-mail anggota, melainkan langsung ditampilkan di halaman newsgroup tersebut. Anggota yang akan mengirim komentar atau tanggapan akan membuka halaman newsgroup tersebut dan langsung menuliskan di halaman tersebut.






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © M Luqman Abdul Hakim - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -